Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 331
Pengunjung Bulan ini : 1368
Total Pengunjung : 11145

Pemerintah Desa Ponggok, Klaten dan Lembaga Desa Mengadakan Studi Banding ke Karangwaru Riverside

Tanggal : 03 May 2017 06:57 Wib



PONGGOK. Seperti yang sudah dituangkan dalam RPJMDes Desa Ponggok 2014-2019 dan Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) Desa Ponggok tentang pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana desa, terkhusus tentang penanganan kawasan kumuh, sebelum program ini dijalankan Pemerintah Desa Ponggok, Klaten dan Lembaga Desa mengadakan studi banding ke Karangwaru Riverside, Yogyakarta. Adapun studi banding ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 April 2017, berlokasi di Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, tepatnya Karangwaru Riveside. Peserta studi banding adalah Pemerintah Desa Ponggok, Klaten dan Lembaga Desa (BPD, PKK, Karangtaruna, BUMDes ) sebanyak 60 orang yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Ponggok Bp Junaedhi Mulyono, SH.

Tujuan studi banding yaitu untuk menambah wawasan tentang keberhasilan Kelurahan Karangwaru dalam menjalankan program penataan kawasan berbasis komunitas, terutama tentang penataan bantaran sungai, pemukiman kumuh dan manajemen limbah/sampah. Pemilihan lokasi studi banding di Karangwaru karena lokasi ini hampir sama seperti di Desa Ponggok-Klaten khususnya Dukuh Umbulsari & Dukuh Kiringan yang akan menjalankan program penataan lingkungan permukiman. Dengan latar belakang kondisi lingkungan permukiman yang belum teratur dan kumuh, sungai yang banyak sampah, belum adanya infrastruktur drainase limbah/sampah. Harapan peserta dari studi banding ini adalah mengetahui tentang proses dari awal sampai keberhasilan sekarang Kelurahan Karangwaru dengan melihat secara langsung kondisi di lapangan dan hasil pemaparan/penyampaian materi dari pihak Kelurahan Karangwaru.

Hal-hal positif yang dapat diambil dari studi banding ini antara lain:

  • Proses penataan lingkungan berbasis komunitas Kel. Karangwaru dimulai sejak tahun 2010 (program PNPM Perkotaan), diawali dengan kegiatan lokakarya orientasi Nighborhood development (ND), kemudian dilanjutkan dengan pembentukan tim TIPP (tim inti perencanaan partisipatif) dan Pokja, kegiatan perekrutan TAPP (tenaga ahli pendamping partisipatif), kegiatan pelatihan tim TIPP, kegiatan persiapan sosialisasi warga oleh tim TIPP, kegiatan sosialisasi warga lewat media program PLP BK, koordinasi dengan Tim Teknis Pemerintah Kota Yogyakarta, kegiatan pembekalan pemetaan swadaya oleh TAPP, kegiatan pelaksanaan Pemetaan Swadaya-partisipatif masyarakat, diskusi hasil pemetaan swadaya, pembuatan peta hasil pemetaan swadaya, penggalian visi dan misi program (lewat lomba melukis anak tingkat SD, musyawarah warga kelurahan), perencanaan makro program-prioritas pekerjaan jangka pendek dan panjang-pembuatan masterplan kawasan, perencanaan mikro-RTPLP, pelaksanaan program.
  • Agar program tetap berkelanjutan konsistem menerapkan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, sosialisasi, merealisasikan, kontroling, evaluasi.
  • Partisipatif masyarakat menjadi kunci keberhasilan program terlebih dapat merubah pola pikir warga masyarakat kearah positif sejalan dengan program yang direncanakan.
  • Hasil fisik dari realisasi program dapat dinikmati oleh warga ( bantaran sungai Buntung jadi kuat, ada jalan inspeksi kiri-kanan sungai, lingkungan sekitar sungai menjadi bersih, asri, kegiatan dan sosialisasi warga dapat dilakukan di pinggir sungai, menjadi destinasi wisata baru di kota Jogja ).

Demikianlah sebagian hasil dari studi banding ke Karangwaru Riverside, semoga Desa Ponggok dapat juga merealisasikan program sesuai dengan Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP) yang telah dibuat.

Ponggok Pasti Bisa. Ponggok Bergerak

Kontributor: Kristanto Joko R ( Admin Web )

Bantaran sungai yang telah ditanggul, Karangwaru Riverside


Kegiatan Desa Lainnya

Perencanaan Pembangunan Dengan Pembiayaan Dana Desa Tahap 2 Desa Ponggok

Tanggal : 27 Nov 2017 11:24 Wib

PONGGOK. Pemerintah Desa Ponggok akan melaksanakan pembangunan dan kegiatan dengan pembiayaan Dana Desa tahap 2.

Perencanaan Pembangunan Dengan Pembiayaan Dana Desa Tahap 1 Desa Ponggok

Tanggal : 13 Oct 2017 10:52 Wib

PONGGOK. Pemerintah Desa Ponggok telah melaksanakan pembangunan dengan pembiayaan Dana Desa tahap 1.

Kunjungan Menteri Keuangan RI Ibu SRI MULYANI INDRAWATI ke Desa Ponggok

Tanggal : 25 Aug 2017 11:21 Wib

PONGGOK. Rabu (23/8/2017) Desa Ponggok mendapat kunjungan kerja dari Kementerian Keuangan RI Ibu Sri Mulyani Indrawati. Penyambutan langsung di Umbul Ponggok oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Bp Drs. H. Heru…

Kirab Budaya Desa Ponggok Memperingati HUT RI ke 72

Tanggal : 21 Aug 2017 13:59 Wib

PONGGOK. Minggu (20/8/2017) bertempat di halaman Balai Desa Ponggok diadakan pagelaran budaya Desa Ponggok yang diikuti oleh perwakilan warga dari ke 6 RW yang ada. Acara ini diawali dengan sambutan…

Kunjungan Kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Ibu Puan Maharani Ke Desa Ponggok

Tanggal : 14 Aug 2017 17:13 Wib

PONGGOK. Senin (14/8/2017) menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Desa Ponggok, BUMDes Tirta Mandiri dan masyarakat Desa Ponggok atas kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Ibu…

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA code

No Comments Results.