Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 352
Pengunjung Bulan ini : 748
Total Pengunjung : 12570

Kunjungan Kerja Bp Drs H.A. Muqowam ( Ketua Komite 1 DPD RI ) ke Desa Ponggok

Tanggal : 13 May 2017 09:49 Wib



PONGGOK. Jumat (12/5) Desa Ponggok menerima kunjungan kerja dari Ketua Komite 1 DPD RI (Dewan Perwakilan Daerah) Bp Drs H.A. Muqowam. Komite 1 DPD RI mempunyai lingkup tugas pada otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah serta pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah. Beserta anggota rombongan Bp Drs H.A. Muqowam diterima langsung oleh Kepala Desa Ponggok Bp H. Junaedhi Mulyono, SH beserta Ibu Ratnasari di Kantor Desa Ponggok.

Dalam kesempatan ini Bp Drs H.A. Muqowam menyampaikan apresiasi kepada Desa Ponggok karena sudah menuju ke desa mandiri. Point-point penting implementasi dari Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa, telah dapat dilaksanakan di Desa Ponggok. Bp Drs H.A. Muqowam juga memberikan banyak arahan tentang UU Desa, harapan agar pengaturan desa dapat berasaskan rekognisi, subsidiaritas, keberagaman,  kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan, musyawarah, demokrasi, kemandirian, partisipasi, kesetaraan, pemberdayaan dan keberlanjutan. Sehingga salah satu tujuan Pengaturan Desa yaitu mendorong prakarsa, gerakan, dan partisipasi masyarakat Desa untuk pengembangan potensi dan Aset Desa guna kesejahteraan bersama dapat tercapai. Sebelum Undang-Undang tentang Desa diundangkan tahun 2014, ini melalui proses yang lama dan kerja keras bersama, beliau saat itu pernah sebagai Ketua Pansus RUU Desa.

Kepala Desa Ponggok Bp H. Junaedhi Mulyono, SH juga memberikan sharing dan cerita bagaimana dulu Desa Ponggok yang masih masuk dalam Desa Tertinggal menjadi sampai sekarang menuju desa yang mandiri. Adanya UU tentang Desa menjadikan semangat dan harapan baru bagi Desa Ponggok untuk lebih memajukan Pemerintahan Desa dan terlebih meningkatkan perekonomian masyarakat. Harapan memberi peluang desa semakin terbuka dalam menjalankan pembangunan, desa lebih berdaya dalam menjalankan kewenangan desa, pelayanan publik, pengelolaan aset desa dan pembangunan ekonomi lokal dapat segera diwujudkan. Untuk itulah dalam penyusunan RPJMDes Desa Ponggok tahun 2014-2019 melakukan pembangunan melalui 4 pendekatan yaitu:

  1. Pendekatan spasial  ( rencana tata ruang wilayah )
  2. Pendekatan sektoral ( BUMDesa-sektor riil & keuangan )
  3. Pendekatan pembangunan Sumber Daya Manusia
  4. Pendekatan teknologi informasi dan komunikasi ( TIK )

Salah satu misi yaitu membangun kerjasama dan Kemitraan Strategis, Pemerintah Desa Ponggok menggandeng banyak pihak mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi, Pemerintah Daerah/Kabupaten, SKPD, Perguruan Tinggi, Perbankan, dunia usaha, assosiasi profesi/NGO, investor, tohoh masyarakat untuk membantu mempercepat proses pembangunan di Desa Ponggok.

Dulu program pembangunan ditentukan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, desa hanya ditempatkan sebagai objek. UU tentang Desa membalik paradigma pembangunan desa. Desa harus mendapatkan hak untuk perencanaan, pelaksanaan dan penganggaran pembangunan.

Setelah sharing dan diskusi, Bp Drs H.A. Muqowam juga berkesempatan melihat sarana prasarana di sekitar komplek Kantor Desa Ponggok, seperti mengunjungi stand UKM-PKK Nila Murni, Balai Desa Banyu Panguripan, Toko Desa Sumber Panguripan, Warung Kuliner BUMDesa, wahana wisata Ponggok Ciblon, kolam budidaya ikan Nila merah.

 

Kontributor: Kristanto Joko R ( Admin Web ) & Iswidhiyanto

Foto bersama di Depan Kantor Desa Ponggok


Kegiatan Desa Lainnya

Perencanaan Pembangunan Dengan Pembiayaan Dana Desa Tahap 2 Desa Ponggok

Tanggal : 27 Nov 2017 11:24 Wib

PONGGOK. Pemerintah Desa Ponggok akan melaksanakan pembangunan dan kegiatan dengan pembiayaan Dana Desa tahap 2.

Perencanaan Pembangunan Dengan Pembiayaan Dana Desa Tahap 1 Desa Ponggok

Tanggal : 13 Oct 2017 10:52 Wib

PONGGOK. Pemerintah Desa Ponggok telah melaksanakan pembangunan dengan pembiayaan Dana Desa tahap 1.

Kunjungan Menteri Keuangan RI Ibu SRI MULYANI INDRAWATI ke Desa Ponggok

Tanggal : 25 Aug 2017 11:21 Wib

PONGGOK. Rabu (23/8/2017) Desa Ponggok mendapat kunjungan kerja dari Kementerian Keuangan RI Ibu Sri Mulyani Indrawati. Penyambutan langsung di Umbul Ponggok oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Bp Drs. H. Heru…

Kirab Budaya Desa Ponggok Memperingati HUT RI ke 72

Tanggal : 21 Aug 2017 13:59 Wib

PONGGOK. Minggu (20/8/2017) bertempat di halaman Balai Desa Ponggok diadakan pagelaran budaya Desa Ponggok yang diikuti oleh perwakilan warga dari ke 6 RW yang ada. Acara ini diawali dengan sambutan…

Kunjungan Kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Ibu Puan Maharani Ke Desa Ponggok

Tanggal : 14 Aug 2017 17:13 Wib

PONGGOK. Senin (14/8/2017) menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Desa Ponggok, BUMDes Tirta Mandiri dan masyarakat Desa Ponggok atas kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Ibu…

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA code

No Comments Results.