Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 331
Pengunjung Bulan ini : 1368
Total Pengunjung : 11145

Produk Unggulan

Wisata Air Umbul Ponggok-Bunaken van Klaten


Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata snorkling yang cukup terkenal di Klaten. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Anda tak perlu takut terbawa gelombang, sebab tempat snorkling kali ini bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih. Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya berupa lantai keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti dibawah laut. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis sebab airnya mengalir terus-menerus. Selain sebagai tempat snorkling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut. Sedangkan bagi anak-anak tersedia kolam berukuran pendek yang bisa dijadikan lokasi berenang maupun sebatas bermain air.

Salah satu hal yang harus dilakukan saat berada di Umbul Ponggok adalah melakukan sesi pemotretan di dalam air. Bagi pengunjung yang tidak memiliki kamera underwater tidak perlu khawatir. Di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan kamera underwater dan sudah termasuk operator kameranya ( fotografer ). Ada juga persewaan alat dan property untuk foto. Paket foto Prewedding, paket diving, paket power dive ( walker ).

Umbul Ponggok Tempo Dulu. Keberadaan Desa Ponggok sudah dikenal lebih dari 100 tahun yang lalu. Hal ini dapat dirunut dari jejak peninggalan masa lampau. Tahun 1920-an Desa Ponggok adalah kawasan industri karena adanya Pabrik Gula Ponggok ( Suikerfabriek Ponggok ). Letak Pabrik Gula Ponggok tepatnya di seberang jalan raya, timur Umbul Ponggok sekarang. Pabrik-pabrik gula yang berdekatan dengan Ponggok antara lain Suikerfabriek TjokroToeloeng, Suikerfabriek Karanganom dan Suikerfabriek Delanggoe.  Pada masa itu wilayah Ponggok secara administratif merupakan wilayah kawedanan Ponggok. Keluarga-keluarga Belanda sudah banyak yang tinggal di Ponggok karena sebagian besar karyawan Pabrik Gula Ponggok adalah warga Belanda seperti administratur, manajer, juru buku, dll. Keluarga-keluarga tersebut tinggal di “Loji-loji” yang dulu rumahnya di sebelah utara Umbul Ponggok. Sekitar tahun 1930-an karena kondisi ekonomi, sosial politik dunia sedang krisis dan masa perjuangan Indonesia membawa dampak kemunduran bagi Pabrik Gula Ponggok dan akhirnya operasional pabrik gula ditutup.

Diantara peninggalan kejayaan Pabrik Gula Ponggok yang sekarang masih ada adalah Umbul Ponggok. Dahulu Umbul Ponggok adalah mata air yang dijadikan sebuah water reservoir yang berfungsi sebagai tampungan air untuk kebutuhan operasional Pabrik Gula Ponggok dan Pabrik Gula Karanganom, selain itu untuk pengairan perkebunan tebu di wilayah Polanharjo, Karanganom, Ceper. Setelah pabrik gula tidak beroperasional lagi, keberadaan water reservoir Ponggok masih difungsikan sebagai pengairan sawah dan perkebunan sampai sekarang. Masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya Umbul Ponggok ( mata air Ponggok ) karena sumber airnya memang berasal dari mata air alami yang mempunyai kualitas bagus dan untuk kebutuhan air minum warga sekitar.

Seiring dengan perkembangan jaman, Umbul Ponggok adalah potensi objek yang luar biasa, selain untuk kebutuhan seperti pengairan sawah dan air minum, dapat juga sebagai objek wisata. Pemerintah Desa Ponggok dan masyarakat dengan inovasi dan kreasinya “menyulap” Umbul Ponggok menjadi objek wisata yang unik dengan tema snorkling, diving dan foto underwater. Untuk menarik minat wisata maka terkenal juga julukan “Bunaken van Klaten“- sensasi menyelam dalam air, menikmati keindahan underwater dengan rasa air tawar yang segar dan dingin seperti snorkling, diving di Bunaken.

Umbul Ponggok merupakan unit usaha wisata desa dan dikelola oleh BUMDesa Tirta Mandiri Desa Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Prop. Jawa Tengah.

Harga tiket mulai berlaku 1 September 2016

Tiket Masuk : Rp. 15.000/orang
Tiket Paket : Rp. 30.000/orang ( tiket masuk, snorkel, pelampung )

Fasilitas dari tiket masuk:
( asuransi @umbul ponggok, snack spesial Ponggok, donasi ke Lasizawa-Lembaga amal Desa Ponggok )

Jam buka loket : 06:00 - 16:00

Kontak Informasi
Public Relation : 0823 1438 8880 ( Ardi )

 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website kami umbulponggok.co.id

Instagram: @umbul_ponggok


Share :  

Gambar Lainnya